Rabu, 22 Mei 2013

ronaldo become ambasador of mangrove in bali

Inilah vidio tentang konservasi hutan mangrove dan Cristiano Ronaldo dijadikan sebagai duta Mangrove di Bali Indonesia.




 "Jakarta - Bintang Real Madrid Cristiano Ronaldo dinobatkan sebagai Duta Mangrove untuk Bali. Dalam perannya tersebut, pesepakbola asal Portugal itu pun akan memperjuangkan konservasi mangrove di Indonesia.

Ronaldo didaulat oleh Artha Graha Peduli, yang mana penunjukan itu digagas oleh Forum Peduli Mangrove, sebuah gerakan pelestarian mangrove di Bali yang didukung oleh lima Lembaga Pemberdayaan Masyarakat yang berada di selatan Tanjung Benoa, Bali.

Forum Peduli Mangrove itu sendiri akan diperkenalkan ke publik pada Mei 2013, dengan tujuan untuk meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap pentingnya hutan mangrove, mengajak partisipasi aktif masyarakat guna melestarikan mangrove, dan mengembalikan kondisi ekosistem serta keragaman hayati (bio-diversity) bagi tanaman mangrove.

"Saya merasa istimewa dapat berperan dalam melestarikan mangrove di Indonesia. Saya pernah datang ke Aceh setelah tragedi tsunami, dan kehancuran yang saya lihat menyisakan kenangan yang dalam pada diri saya," katanya dalam rilis yang diterima detikSport.

"Saya memahami bahwa di tempat-tempat yang banyak ditumbuhi mangrove terbentuk ekosistem yang dapat melindungi dari hantaman ombak besar, dengan demikian banyak jiwa yang bisa selamat serta lebih sedikit kerusakan yang ditimbulkan," lanjut Ronaldo.

Penunjukan Ronaldo sebagai duta mangrove itu telah dilakukan langsung di Madrid, Jumat (8/3/2013), oleh pengusaha Indonesia Tomy Winata, yang juga merupakan chairman dari Artha Graha Network. Tomy Winata ketika itu sedang menghadiri Konferensi ke-56 Komisi PBB Anti Narkotika dan Obat-obatan Terlarang, UNOCD (United Nations Office on Drugs and Crime) di Eropa.

Dikatakan Tomy Winata, keberadaan Ronaldo sebagai duta yang akan mengusung tema "Save Mangrove, Save Earth" itu diharapkan bakal dapat membuka mata banyak kalangan akan pentingnya mangrove (hutan bakau) terhadap lingkungan.

"Saya sungguh-sungguh senang dan bahagia bahwa Ronaldo setuju mendukung penuh kegiatan kami guna melestarikan hutan mangrove di Indonesia. Ronaldo adalah Duta Penyelamatan Mangrove yang cocok, mengingat dia memiliki daya tarik dan panutan."

"Dalam bidang konservasi, maka konservasi mangrove adalah suatu hal penting dilakukan namun terabaikan. Saat kini dunia sudah makin tidak memiliki waktu. Dunia semakin kehilangan mangrove secara cepat."

"Kondisi mangrove di Indonesia secara umum adalah menyedihkan, Indonesia telah kehilangan dua juta hektar wilayah tanaman mangrove. Melakukan konservasi mangrove adalah bukan saja menyelamatkan lingkungan, namun penting bagi penyelamatan kehidupan sekian banyak penduduk," paparnya.

Kementerian Kehutanan Indonesia memperkirakan bahwa Indonesia memiliki lebih dari sembilan juta hektar hutan mangrove, kendati sekitar 70% saat ini telah hilang dan berubah menjadi kawasan pertanian, perkebunan sawit, pengembangan desa, dan perkotaan.

Forum Peduli Mangrove menggandeng bintang Real Madrid Cristiano Ronaldo menjadi duta pelestarian mangrove di Indonesia melalui program Artha Graha Peduli.

Pendiri Forum Mangrove Tomy Winata mengungkapkan, Ronaldo diharapkan bisa mempromosikan kepedulian terhadap konservasi mangrove di Indonesia. Penobatan Ronaldo sebagai duta mangrove untuk Bali setelah melakukan pertemuan di Madrid pada akhir pekan kemarin.

“Saya sungguh senang dan bahagia, Ronaldo setuju mendukung penuh kegiatan kami guna melestarikan hutan mangrove di Indonesia,” ujar Tomy Winata dalam keterangannya kepada wartawan hari ini.

Ditambahkan, Tomy bersama mantan kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Goris Mere kembali akan bertemu dengan Ronaldo dalam kegiatan konfederasi komisi PBB antinarkotika dan obat terlarang (UNOCD) ke-56 di Wina, Austria, pada 11-15 Maret.

“Ronaldo cocok menjadi duta penyelamatan mangrove, karena memiliki daya tarik dan panutan, sehingga seluruh lapisan masyarakat dapat ikut menjaga kelestarian tanaman bakau,” kata Tomy.

Ronaldo sudah mengenali Indonesia ketika ia berkunjung ke Aceh pada 11 Juni 2005, atau beberapa bulan pasca bencana tsunami Desember 2004. Saat itu, pemain asal Portugal ini menemui Martunis, seorang bocah yang selamat dalam tragedi tersebut, dan memakai jersey Portugal bernomor punggung 7. Martunis kini sudah menjadi pesepakbola, dan bermain untuk PSAP Sigli.

“Saya merasa istimewa bisa memainkan peranan dalam konservasi hutan mangrove di Indonesia. Saya pernah ke Aceh setelah tsunami 2004, dan kerusakan yang ditimbulkan menumbuhkan kesan mendalam bagi saya,” ucap Ronaldo.

“Saya menyadari tempat di mana mangrove berada bisa membantu ekosistem dalam menghadapi ombak tinggi. Lebih banyak kehidupan yang bisa diselamatkan, sekaligus mengurangi kerusakan alam.”

Martunis didampingi presiden FIFA Sepp Blatter sebelum pertandingan grup 3 kualifikasi Piala Dunia 2006 antara Portugal dan Slowakia di Estadio da Luz, Lisbon, Portugal, 4 Juni 2005. Ayah Martunis, Sarbini, terlihat di sebelah kanan menyaksikan keduanya. (Kredit Foto: Bima Said)

Forum Peduli Mangrove merupakan gerakan pelestarian mangrove yang didukung oleh lima lembaga pemberdayaan masyarakat yang berbasis di selatan Tanjung Benoa-Bali.

Forum Peduli Mangrove yang akan diresmikan pada bulan Mei 2013 bertujuan meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap pentingnya hutan mangrove, sekaligus mengajak partisipasi aktif masyarakat, dan mengembalikan kondisi ekosistem, serta keragaman hayati bagi tanaman mangrove.

Departemen kehutanan memperkirakan Indonesia memiliki lebih dari sembilan juta hektare hutan mangrove. Namun sekitar 70 persen telah hilang untuk pertambakan udang, perkebunan kelapa sawit, serta pembangunan kembali pedesaan dan perkotaan.

Tomy mengungkapkan, pihaknya telah melakukan konservasi suatu kawasan dan rehabilitasi satwa liar dan langka, hutan, flora, dan fauna, laut, serta terumbu karang meliputi areal hutan seluas 44.500 hektare dan areal konservasi laut seluas 14.500 hektare di Tambling Wildlife Nature Conservation (TWNC) di semenanjung selatan Pulau Sumatera."

 (berasal dari sumber yang memiliki hak cipta. maaf saya lupa sumbernya tapi artikel ini saya ambil dari salah satu situs penyiar berita.) 

0 komentar:

Posting Komentar